Ini Lokasi Kampung Bali Di Lampung, Liburan Seru Tanpa Harus Ke Pulau Dewata

Posted on

Lokasi Kampung Bali Di Lampung – Sudah jadi rahasia umum jika bali menjadi destinasi wisata dunia. Tak hanya menyuguhkan panorama alam yang memukau, adat dan budaya Bali juga menjadi daya tarik tersendiri. Berbagai perayaan tradisional seperti galungan, arsitektur bangunan Bali yang khas serta berbagai kearifan lokal lainya menjadi suguhan para wisatawan. Tak heran jika kemudian, beberapa tempat turut mengadopsi nuansa bergaya bali.

Bagi warga Lampung, kamu gak jauh jauh untuk menikmati suasana Bali. Jika melihat sejarah, banyak warga Bali yang bertransmigrasi ke wilayah Lampung dan sekitarnya. Maka dari itu banyak terdapat kampung bali di lampung. Kini kampung kampung tersebut, menjadi destinasi baru bagi warga Lampung. Salah satunya adalah Bali Sadhar yang berada di way kanan. Begitu masuk ke lokasi kampung bali lampung ini, akan disambut dengan penjor penjor bekas perayaan Galungan. Berada disana, seolah kita sedang menapakan kaki di Pulau dewata.

Lokasi Kampung Bali Di Lampung
Lokasi Kampung Bali Di Lampung

Desa Bali Sadhar di Waykanan dihuni oleh para transmigran dari Bali. Mereka mengungsi ke lampung setelah adanya letusan gunung agung puluhan tahun yang lalu. Bali Sahdar sendiri terbagi menjadi tiga wilayah yakni utara, tengah dan selatan. Setiap wilayah dipimping oleh seong kepala kampung. Kitapun bisa menikmati bangunan bangunan dengan arsitektur Bali. Salah satunya adalah pura tangkas kori agung yang didirikan pada 10 juli 1969. Masyarakatnyapun masih menjujung adat budaya nenek moyang mereka. Wajar jika kampung bali di Lampung ini selalu dikunjungi wisatawan. Uniknya setiap pengunjung yang datang akan dipandu oleh kelompok sadar wisata disana.

baca juga: Ini Lokasi Kebun Raya Liwa Lampung Yang Baru Saja Di Buka

Lokasi Kampung Bali Di Lampung

Bagi yang belum pernah kesini. lokasi tepatnya berada di desa Bali Sadhar kecamatan Banjit, Kabupaten wayakanan, Lampung. Selain di Bali Sadhar, ada juga kampung bali lainya di waykanan yakni di Desa Sopoyono, Kecamatan Negeri Agung. Mereka hidup rukun berdampingan dengan berabgai budaya, suku dan agama.

Bahkan keberagaman tersebut juga diwujudkan dengan kuliner. Yup di bali sadhar kamu akan mendapati Dodol bali. Uniknya dodol bali tersebut di buat dari gula aren dari kampung suku ogan, kelapa dari suku jawa dan ketan dari bali sadhar. Ketiga bahan tersebut menjadi perlambang keberagaman lalu dilebur dan menciptakan rasa manis, gurih nan legit. Harganyapun sangat murah yakni hanya seribu/ batang. Meskipun tidak pake bahan pengawet, tapi bisa bertaham sampai tiga minggu.

Buat kamu yang masih bingung mencari referensi liburan akhir taun nanti, Lokasi kampung bali di lampung ini bisa menjadi alternatif destinasimu. Jika belum sempat ke bali, litte bali in lampung juga cukup seru untuk dikunjungi. Dari sini, kamu bisa berkunjung ke muncak tirtayasa yang instagenic.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *